Organic Styling Flower Arrangement

I really really love flowers and one of my dream to have my own flower shop. Ga bisa banget deh kalo ngeliat flower market atau ngeliat ada yang jualan bunga-bunga bagus, rasanya pengen belii aja. Nah karena curious banget sama flower arrangement jadilah aku ikutan workshopnya Kokken minggu lalu , Organic Styling Workshop with Mimsy Botanical flower

Banyak banget ilmu yang didapet dari cara merawat bunga, harganya, jenis bunga dan lain-lain. Karena sifat bunga beda-beda dan bentuknya juga beda, cara merawatnya ga semua sama loh. Dan seneng banget dapet tips merawat hydragea karena aku suka banget sama bunga yang satu ini dan aku share sedikit ya tentang caranya yang aku dapet dari teachernay kemarin, biarpun ga ada hydragea sama sekali di workshop kali ini. hope it helps :)

Tips cara merawat Hydrangea:

1. Air yang dipakai harus air besih dan vas juga harus bersih karena kalau ga bersih, maka bunganya juga akan membusuk.

2. Hydrangea itu adalah bunga yang super sangat membutuhkan air, makanya sebelum dimasukkan ke air batangnya harus di pecah bagian bawahnya supaya bisa menyerap air lebih banyak. Selain itu batangnya juga harus dipotong miring.

3. Berikan garam / obat bunga agar hydrangea tetap fresh terus.

4. Jika hydrangea sudah agak layu, celupkan terbalik bagian kelopak bunga ke air sampai semua terendam, karena hydrangea mempunyai pori stem dibagian dalam kelopak bunga yang dekat dengan batang dapat menyerap air lebih banyak. Dan harus dimasukkan kedalam air dingin dan disimpan di kulkas semalaman. Besok pagi hyrdrangea kamu dijamin akan kembali fresh.

5. Jika hydrangea yang kamu mau pakai untuk event atau acara yang mendadak, kamu bisa taburin Panadol / Bodrex yang dihancurkan ke airnya, dan kira-kira 3-4 jam hydragea kamu bakalan fresh dan siap di pakai.

Hope it helps :)

Nah sekarang share ke experience aku kemarin buat arrange organic flower. Buat yang satu ini bunganya agak beda dari fresh flower lainnya. Bunganya banyakan dari wild flower (kalo ga salah) jadi bunganya itu lebih bandel dan lebih kuat dari fresh flower lainnya dan cantik banget kalo udah dikeringin. and i'm a big fan of dried flower.

cara merangkainya sebenernya susah2 gampang apalagi yang beginner buat aku. Karena merangkai gini ga cuma asal masukin bunganya aja, ternayata ada beberapa step loh.

1. pilih bunga sesuai dengan yang akan di rangkai.

2. potong bagian stem / batang bunga miring. Kenapa hari di potong miring? ini dikarenakan agar batangnya dapat menyerap air lebih banyak sesuai dengan kebutuhan flower itu sendiri. Jadi diibaratkan seperti tangga.

3. Siapkan air bersih di vas.

4. Sebelum memasukkan bunganya ke dalam air, semua daun yang menempel di batang harus dibersihkan, Jangan ada daun & bunga ke dalam air karena akan mempercepat bunga itu busuk dan layu. (daun boleh disisakan tetapi jangan sampai terendam air)

5. Untuk mengukur setinggi apa bunga yang akan kita masukkan, kita bisa pakai vas yang transparant dan mengukur batang yang akan di potong di pinggir meja sehingga kita bisa melihat kira-kira akan setinggi apa rangakaian bunga yang akan digunakan dan sisa dibawah meja bisa di potong. 

6. Untuk merangkai bunga, memasukkan bunganya tidak boleh dari atas lurus kebawah, karena akan membuat rangkaian tersebut tidak mengembang dan semuanya menjadi tegak lurus keatas. Sebaiknya rangkaian di masukkan dengan angle miring. 

7. Selain itu juga ada leveling, leveling disini adalah kombinasi tinggi rendahnya rangkaian, apakah sudah terlihat enak atau belum. Semakin tinggi rangkaian akan semakin banyak bunga yang diperlukan karena semakin tinggi, ruang kosong akan menjadi semakin banyak.

8. That's it. Sisanyny tinggal feeling aja apakah udah natural dan enak dilihat? jika belum bisa ditambah lagi bunga / essentials lainya. Karena setiap rangkaian ada Vocal Point pada bagian depan, usahakan rangkaian tidak hanya bagus dilihat dari depan saja, sebaiknya dirangkai agar bisa terlihat indah dari depan dan belakang.

Photo 7-23-17, 14 31 36.jpg

Dan ini ada beberapa variasi bunga & daun yang dipakai pada saat workshop.

Dan kalau di keringin hand bouquetnya akan secantik ini. ( Handbouqet ini punya teacher) proses pengeringannya habya dengan cara digantung terbalik, jika bunga sudah kering dan kaku, bisa di balikin seperti semula dan bisa dijadikan pajangan / dekorasi di meja.

Hope it helps you guys buat belajar merangkai bunga. coba- coba sendiri juga bisa kalo punya waktu luang. Teachernya bilang yang penting kita enjoy dan senang aja, karena kalo lagi badmood rangkaiannya juga ga bakal jadi bagus haha..

citra tjaja